Minggu, 27 Oktober 2013


Astronesia-Perang saudara yang brutal dan berkelanjutan di Suriah meninggalkan jejakkerusakan yang besardan dengan kerusakan di kota Aleppo begitu signifikan sehinggabekas luka dari konflik itu dapat dilihat dari luar angkasa.

Peneliti dari American Association for the Advancement of Science (AAAS) menganalisisserangkaian citra satelit resolusi tinggi dari kota Aleppo yang diambil dari Agustus 2012 hingga Mei 2013.Mereka menemukan bahwa kerusakan bangunan dan infrastrukturmeningkat selama periode 10 bulandengan hampir semua kerusakan terkonsentrasi di daerah yang dikuasai pemberontak atau daerah yang diperebutkan.

Para peneliti juga mencatat bahwa pusat kota bersejarah Aleppo,kota kuno Aleppo - sebuah benteng berdinding dari abad ke-13 yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986 - telah menderita kerusakan parah akibat perang saudara Suriah.

"Kami mendokumentasikan zona perang," kata Susan Wolfinbargerdirektur Teknologi Geospasial dan Proyek Hak Asasi Manusiadalam sebuah pernyataan.

Pusat Pemberontakan

Aleppo telah menjadi sarang kerusuhan sejak Juli 2012. Sejak konflik pecah antarapasukan yang setia kepada pemerintah Baath dominan Suriah dan pasukan pemberontak berusaha menggulingkannya.Kota Aleppo setidaknya mengalami tiga insiden pengrusakan per hari.Tanda-tanda kerusakan di kawasan ini mencakupbangunan yang hancur,puing-puing bangunan dan kawah.

http://astronesia.blogspot.com/


Pada citra satelit, para peneliti juga mengamati perubahan ke kota dari waktu ke waktu,seperti peningkatan visibilitas artileritank dan pesawatyang menunjukkan aktivitas militer di daerah itu semakin meningkat.

Para peneliti AAAS membandingkan sembilan gambar satelit yang diambil secara teratur selama periode 10-bulanmengamati 713 insiden perusakanMeski begitu, merekamelihat penyebaran kerusakan di Suriah belum merata.

Hanya enam insiden penghancuran yang dilihat oleh para peneliti yang terjadi dikabupaten yang dilaporkan berada di bawah kendali pasukan yang setia kepadapemerintah Suriah.Sebagian besar reruntuhan berada di daerah di bawah kendalipemberontakdi bawah kontrol Kurdi.

Kekerasan dan Penghancuran

Kota kuno Aleppo terletak di rute perdagangan pada milenium kedua SM.Para penelitiAAAS mengamati kerusakan beberapa struktur kuno dalam kota fortressed, termasukmasjidkuburan dan beberapa situs bersejarah lainnya.

Analisis baru mencakup sekitar 70 mil persegi (182 kilometer persegidari Aleppo dan wilayah sekitarnya.
 
Pada tanggal 25 JuliPBB mengumumkan bahwa perang sipil Suriah telah merenggutlebih dari 100.000 jiwa sejak pecahnya pertikaian pada tahun 2011.

 
Laporan lengkap oleh Teknologi Geospasial dan Proyek Hak Asasi Manusia di AAASditerbitkan pada tanggal 7 Agustus.
Penelitian independen dilakukan atas permintaanAmnesty International USA. 

http://astronesia.blogspot.com/2013/08/kerusakan-akibat-perang-saudara-suriah.html

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!